Prime Strategy dalam WordCamp Jakarta 2019

wordcamp2019

WordCamp Jakarta adalah WordCamp ketiga yang diadakan di Jakarta, satu-satunya konferensi tentang semua hal bertemakan WordPress. Di sini, pengguna dan pengembang yang antusias membawa keahlian serta pengalaman mereka dan berbagi secara bebas dengan komunitas WordPress. Konferensi ini mencakup segalanya mulai dari penggunaan dasar hingga pemasaran digital, dari pengembangan hingga pertumbuhan bisnis. WordCamp Jakarta adalah konferensi nirlaba yang diselenggarakan dan dijalankan sepenuhnya oleh sukarelawan. Setiap pembicara, penyelenggara, maupun staf pendukung, meluangkan waktu mereka untuk membantu para peserta belajar tentang WordPress.

WordCamp memungkinkan siapa saja yang tertarik dengan WordPress untuk datang belajar, memperluas jaringan dari anggota komunitas. Semua orang dari pengguna baru hingga pengembang berpengalaman didorong untuk hadir. WordCamp Jakarta menyambut orang-orang dari komunitas seperti: Blogger, Pemilik bisnis, Penggemar situs web, Pengembang plugin, Pemasaran, Pakar media social, Desainer, Pakar SEO, Ahli strategi konten, Pendidik, Mahasiswa, Agensi

WordCamp Jakarta 2019 diadakan pada tanggal 16 Februari 2019, di Ibis Styles Hotel Sunter, Jakarta.

Peserta yang hadir dalam acara WordCamp Jakarta 2019 sendiri kurang lebih berjumlah 300 orang pada semua sesi, baik sesi teknis maupun nonteknis.

Latar belakang

Seiring perkembangan dalam dunia pengembang WordPress, tahun ini kami ikut serta sebagai peserta dalam acara tersebut. untuk menjalin hubungan antara komunitas, pengguna dan para pengembang dalam pembahasan tentang teknologi-teknologi terbaru pada WordPres. Dan menjalin kerja sama dengan pihak yang terkait dalam berbagai pengembangan WordPress serta bertukar pengalaman seputar WordPress ataupun teknologi terbaru lainnya. Di tahun lalu, pada WordCamp Jakarta 2017, kami ikut berkontribusi sebagai sponsor (Bronze) utama WordCamp Jakarta 2017, dengan terjalinnya hubungan ini, kami banyak berkesempatan memperkenalkan produk (KUSANAGI) yang ditawarkan untuk para pengguna, pengembang, serta berbagai agensi perusahaan teknologi yang berbasis WordPress. Tidak kalah pentingnya di tahun ini, tepatnya pada acara WordCamp Jakarta 2019 pun, kami mencoba bertukar pengalaman maupun memperkenalkan produk (KUSANAGI) yang sudah diperkenalkan pada WordCamp Jakarta 2017 kepada para pengguna, pengembang, dan beberapa perusahaan Cloud maupun Hosting yang ada di Indonesia, dengan berbagai penjelasan dan pembagian buku berikut brosur produk KUSANAGI. Antusiasme para pengguna, pengembang, dan perusahaan Cloud maupun Hosting menunjukan sebuah apresiasi yang sangat baik terhadap produk KUSANAGI sendiri. Dengan banyaknya pertanyaan serta berbagai diskusi kecil maupun berkelanjutan.

 

Perwakilan yang hadir pada kesempatan Acara WordCamp Jakarta 2019 dari PT. Prime Strategy Indonesia sendiri diwakili oleh Bapak Daeng Marowa, Kurniawan Prasetyo, Muhammad Yosa, dan Lucky.

prime strategy wordcamp

Kegiatan Acara “WordCamp Jakarta 2019 “

 

wp-1Pada sesi pertama setelah pembukaan acara, dengan materi mengenai Page Speed Load yang dibawakan oleh Andrianti R. (Seorang Junior Progammer Perusahaan Web Groovin yang berpusat di Bali). Page Speed Load yang dibahas adalah cara untuk mempercepat Web Speed Load bisa mengoptimalkan  pada Caching, penggunaan plugin, optimalisasi Script Load. Selain itu, bagian yang dioptimasi bukan hanya Homepage saja, tapi bisa diaplikasikan ke seluruh bagian situs web seperti halaman Category, Single Post, sampai Image Attachment (jika ada). Namun, point yang paling penting sendiri pada peningkatan suatu kecepatan setiap halaman adalah:

  1. Served scale images (menyajikan gambar yang di resize)
  2. Specify image dimensions
  3. Defer parsing of javascript
  4. Prefer asynchronous resources
  5. Remove query strings from static resources

Dari penjelasan serta poin-poin yang dibawakan oleh Andrianti R. sendiri bisa dikatakan banyak alat untuk menguji kecepatan halaman Website seperti; GtMetrix, Pagespeed Insight, Pingdom, dan masih banyak refrensi lainnya yang tersedia.

 

wp-2Di sesi kedua ini materi yang dibawakan Frans Allen (Seorang WordPress Development) adalah The Secrets of the Real Fast WordPress  dalam presentasinya, Frans Allen sendiri mebahas tentang kinerja dalam Website, kinerja dalam aplikasi, dan CDN di WordPress. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan sebuah Website WordPress yang benar-benar cepat, dari sisi infrastruktur dalam pemilihan seperti server yang digunakan, penggunaan CDN (Content Delivery Network), penggunaan Plugin Cache, penggunaan Anycast DNS, dan yang paling utama pemilihan Web Server yang akan digunakan seperti Apache ataupun Nginx. Tidak lupa selalu menguji terus-menerus Website WordPress yang sedang dikembangkan agar benar-benar cepat.

 

wp-3Di sesi ketiga materi yang di bawakan oleh Leon Stafford (Penulis Plugin WP2Static, dengan sekitar 150.000 unduhan) adalah Hosting WordPress for Free (at Insane Speeds). Leon menunjukkan kepada kami bagaimana meng-host situs WordPress secara lokal dan mempublikasikan ke Netlify untuk situs-situs yang sangat cepat dengan biaya nol. Dan berbagai alat modern untuk pengembangan WordPress lokal dan alur kerja dari ujung ke ujung untuk menghasilkan salinan statis situs website dan menguploadnya ke Netlify, serta melihat alur kerja melalui UI, untuk solusi termudah. Untuk yang lebih teknis. Leon juga memperlihatkan cara menggunakan WP-CLI dan skrip khusus untuk lebih banyak fleksibilitas, yang dapat diintegrasikan dengan alur kerja CI / CD sendiri.

 

 

wp-4Di sesi ke empat materi yang dibawakan oleh Matt Jaworski (Seorang pengembang berpengalaman Website open source) adalah The Future Is Now: The Importance of Switching to PHP7. Dalam sesi ini menjelaskan tentang update versi PHP dan bagaimana peristiwa besar baru-baru ini (akhir kehidupan PHP 5.x.x) berdampak pada industri. Topik yang jauh lebih relevan dan penting saat ini, karena PHP sedang mengalami perubahan besar tahun ini (PHP 5.6 akan kehilangan dukungan resmi pada tanggal 31 Desember). Versi PHP yang tidak support akan menimbulkan risiko keamanan untuk semua situs web yang masih menggunakan ataupun belum diperbarui ke versi terbaru pada sistem lama. Ada berbagai keunggulan yang ditawarkan PHP 7.0.x dibandingkan dengan versi sebelumnya. Ada beberapa fitur yang merupakan perbaikan dari versi sebelumnya seperti  Scalar type declarations, Return type declarations, Anonymous classes, Generator Return Expressions, dan sebagainya. Selain itu PHP 7.0.x memiliki keamanan sistem yang lebih baik karena sudah memasukkan Modern Cryptography di dalamnya. PHP 7.0.x telah mendukung Argon2 dan Libsodium untuk menyiapkan kata sandi. Perlu diketahui bahwa Libsodium merupakan pustaka perangkat lunak untuk enkripsi, dekripsi, tanda tangan dan hashing kata sandi.

 

wp-5PHP 7.0.x dan CMS Terdapat perbandingan yang cukup signifikan antara website menggunakan PHP 5.6 dengan PHP 7.0.x khususnya untuk penggunaan CMS (Content Management System) seperti WordPress. PHP 7.0.x dan WordPress 4.94. kinerja WordPress dengan PHP 7.0.x peringkat pertama jika dibandingkan dengan versi PHP sebelumnya. Selain itu, PHP 7.0.x memiliki kinerja 3 kali lebih cepat dari PHP 5.6. Begitu juga jika menggunakan WooCommerce, versi terbaru ini masih mempertahankan peringkat teratas dari segi performa.

 

wp-6Di sesi kelima materi yang dibawakan oleh Aldrich Chtistoper (Webmaster outreach strategist at Google Asia Pacific) adalah Google Search & Updates. Topik yang dibahas meliputi “Bagaimana Cara Kerja Pencarian Google”, pembaruan terbaru dalam pencarian & WordPress seperti Google Site Kit (https://sitekit.withgoogle.com/ ) & Plugin AMP untuk WordPress (https://amp-wp.org/). Yang menarik dari materi ini, Google telah merilis Plugin Site Kite yang menyatukan berbagai produk-produk penting Google untuk WordPress. Site Kit sendiri sangat ideal digunakan untuk website yang ingin informasinya mudah dicerna tentang kinerja audien dan pendapatan, semuanya di satu tempat. Dalam versi pertama plugin, telah mengintegrasikan empat alat dan produk Google untuk membantu mengoptimalkan serta memonetisasi situs WordPress seperti Search Console, Analytics, AdSense dan PageSpeed Insights.

 

wp-7Di sesi ke enam materi yang dibawakan oleh Fachruzi Ramadhan (WordPress Enthusiast) adalah WooCommerce In Multi-Channel Applications. Secara Garis besar yang bagikan pada materi ini adalah menggunakan API WooCommerce untuk membangun Software Multi-Channel Integration menggunakan beberapa modul API WooCommerce seperti otentikasi, pelanggan, pesanan, produk, laporan, dan Webhooks. Woocommerce Multi-Channel sendiri bisa diintegrasikan ke beberapa situs Marketplace dengan cara mengumpan API WooCommerce. Dengan metode ini juga kita bisa membuat produk untuk semua marketplace dengan cara mudah.